.

Sejarah Raja Pulau Banyak ( Rajo Bajaput )


Pulau Banyak saat ini merupakan salah satu kecamatan di Aceh Singkil, Pulau banyak terletak di samudera hindia.  berbatasan dengan sebelah barat pulau simelue, timur pulau nias,utara singkil dan selatan lautan lepas.Waktu tempuh ke Pulau Banyak Sekitar empat jam perjalanan dari kota Singkil.

Pada zaman dahulu pada masa kerajaan , pulau banyak masuk kedalam wilayah kerajaan Aceh. Kerajaan Aceh dahulu kala meliputi hampir seluruh sumatera dan semenanjung malaya pada masa keemasannya.  Menurut cerita turun-temurun masyarakat pulau banyak yang selalu dikisahkan kepada anak cucu mereka.

Dahulu kala di pulau banyak terdapat sebuah kerajaan yang terletak di Pulau Tuangku dengan ibukota Haloban, pada masa itu terjadi persaingan antara pendekar-pendekar di pulau banyak untuk memperebutkan siapa yang akan jadi raja, maka diadakanlah uji tanding di pulau asok. Dalam uji tanding tersebut kedua pendekar terkuat tidak dapat saling mengalahkan, kekuatan mereka seimbang. Setelah bertanding sekian lama tanpa ada yang menang, tiba-tiba mereka melihat seseorang lagi beribadah" Shalat" di pulau tempat mereka uji tanding tersebut. Pria itu berpakaian serba putih, merekapun heran dari mana datangnya orang itu setelah mereka lihat sekeliling pulau tidak ada satupun kapal ataupun perahu yang bersandar. Merekapun bertanya-tanya dalam hatinya, bagaimana orang ini bisa ada di pulau ini padahal sebelumnya tidak ada satupun manusia yang mereka liat saat mereka adu tanding kecuali mereka berdua.

Merekapun memutuskan untuk meminta orang tersebut untuk menjadi raja di pulau banyak karena mereka anggap lebih sakti dari mereka. Namun orang tersebut tidak bersedia karena ada tugas yang harus di selesaikannya di sebelah barat " pulau simelue ". Orang itupun berkata, jika kalian ingin mencari raja, dia punya seorang putera di daerah barat "maksudnya daerah minang ", akhirnya mereka melaksanaan apa yang dikatakan orang tersebut. Akhirnya dapatlah siapa raja pulau banyak yang sering disebut dengan rajo bajaput (raja dijemput ).

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.